Beranda > Uncategorized > Asal Nama Aceh

Asal Nama Aceh

Daerah Istimewa Aceh adalah nama yang di berikan pemerintah (Era Soekarno) karena Aceh mau bergabung dengan NKRI. VAN LANGEN menjelaskan bahwa asal nama aceh di ambil dari nama sebuah pojon aceh yang banyak tumbuh di kawasan itu, namun ini muncul ketika tiba suatu Ekspedisi dari Gujarat ke tanah rumni. Seteah tiba di kawasan itu para awak kapal turun ke darat, disana mereka kehujanan dan berteduh di bawah pohon aceh -> aca aca aca aca (Indah).

Cerita dari Aceh: ada dua perempuan adik kakak yang adik nya lagi hamil sedangkan kakak nya tidak hami/belum nikah. ke dua wanita itu pergi ke sungai, disana mereka mendapati seorang bayi yang di hanyutkan. bayi tersebeut di bawa rumah mereka, selama 40 hari, si kakak tidak keluar rumah dan mendapat kabar bahwa si kakak mendapat anak. dari peristiwa itu muncul sinyalemen di masyarakat sekitar itu: Adoe yah mumeai yang Ceh atau Adoe yang Mume A yang Ceh.

Cerita dari Tolson: Ada seorag gadis yang hilang dari negerinya, dia di temukan kakak nya di negeri Cumni-Aceh sekarang. kakak nya bercerita kepada penduduk setempat bahwa gadis itu adalah ita/adiknya.

Serini: ada sebuah kapal yang karam di pantai aceh, anak buah kapal berlidung di bawah pohon/Bak Ceh. seluruh cerita tersebut di atas meurut Serini sangat di pengaruhi oleh unsur-unsur bangass Dravida. Jadi orang-orang aceh secara Adat, Bahasa, Agama dan Ta’biat sangat di pengaruhi oleg ornag India (Selatan) bahwa menurut Burnell dan Yulle nama Aceh berasal dari bahasa Tamil/India Selatan yaitu “ATAII”

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: